Kewirausahaan Khadijah #4: SOP untuk Bisnis Rintisan

Kewirausahaan Khadijah SOP untuk Bisnis Rintisan 2

Pertemuan ke 4 kalinya dari aktivitas pengabdian masyarakat para dosen Manajemen FEB Unair, bekerja sama dengan PUSPAS Unair, kembali terselenggara.
Kali ini pemateri adalah Dunga Dwi Barinta, SE.,MM. dosen baru di lingkungan Manajemen FEB Unair.
Kepada puluhan penghuni asrama Griya Khadijah, Dunga menyampaikan pentingnya pembuatan SOP. Konsistensi diperlukan pelaku rintisan bisnis, agar konsumen juga merasakan konsistensi pelayanan dan produk yang diberikan. Para peserta diberikan beberapa metode pembuatan SOP yang menjadikan mereka siap untuk mengembangkan SOP bagi rencana bisnis mereka sendiri.

Pelaku usaha rintisan atau pemula kerap tidak memperhatikan keberadaan Standar Operasional. Tidak sedikit pelaku usaha yang terlalu fokus pada aktivitas produksi. akhirnya beberapa aktivitas fundamental bisnis lainnya seperti perencanaan anggaran dan laporan keuangan usaha, perencanaan pemasaran, dan penetapan SOP usaha kurang menjadi perhatian utama.

Standar Operasional Prosedur atau yang dikenal dengan SOP merupakan sistem yang disusun untuk memudahkan, merapikan, dan menertibkan aktivitas bisnis. Penggunaan SOP akan meminimalisir kesalahan atau kegagalan produksi, memberikan kejelasan pekerjaan, dan mempercepat proses adaptasi. Oleh karena itu, penetapan SOP pada bisnis yang dijalankan akan mempengaruhi produktivitas dan efisiensi perusahaan.

Sedikitnya terdapat lima tahap yang dapat digunakan secara aplikatif dalam menyusun SOP, diantaranya:
1. Memetakan Proses Bisnis
2. Menyusun Flowchart Alur Kerja
3. Review Flowchart
4. Simulasi SOP
5. Penetapan SOP

Kegiatan pengabdian pada tanggal 18 Oktober 2023 bertujuan untuk membagikan materi dan pengetahuan yang berkaitan dengan penyusunan SOP kepada calon wirausaha muda yang tergabung di griya khadijah. "Penyusunan SOP menjadi dasar pengelolaan bisnis terstruktur by sistem, bukan lagi tergantung by sinten."

Hits 273