APDMI 2024: Dari Forum Ilmiah Global hingga Pemberdayaan UMKM di Bukit Tinggi Padang

Padang, Sumatera Barat – Asosiasi Pengelola Program Doktor Manajemen Indonesia (APDMI) yang diketuai Prof.Dr. Tanti Handriana sukses menggelar rangkaian acara bergengsi yang mencakup konferensi internasional, kolokium, serta pengabdian kepada masyarakat selama tiga hari penuh, mulai tanggal 26 hingga 28 September 2024. Kegiatan ini dihadiri secara hybrid oleh sekitar 250 orang akademisi dan  peneliti dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

APDMI 2024 1

Kegiatan dimulai dengan konferensi internasional yang diselenggarakan pada 26 September 2024 di Convention Hall Universitas Andalas, Padang, menjadi puncak pembukaan acara. dengan tema besar “Managing sustainable Business and Resilience Strategies in the Digital Era,” konferensi ini bertujuan untuk mendorong sinergi antara dunia akademis dan praktis di bidang manajemen.

Hari pertama dimulai dengan pembukaan yang khidmat dan penuh semangat di Convention Hall, Universitas Andalas. Pimpinan Universitas Andalas menyampaikan sambutan hangatnya kepada para peserta dan pembicara, yang kemudian dilanjutkan dengan seminar dengan pembicara dari beberapa Universitas Luar Negeri seperti University of Foreign Studies, UNSW Business School, University of Queensland, Australia.

Seminar hari pertama ditutup dengan penampilan tarian tradisional Minangkabau, Tari Piring, dan dilanjutkan dengan pemberian cindera mata pada pembicara oleh Ketua APDMI , Prof Dr. Tanti Handriana yang merupakan Ketua Program Studi S3 Ilmu Manajemen FEB Universitas Airlangga.

Kolokium dan Call for Papers yang Menginspirasi

Hari kedua pada 27 September 2024 , acara berlanjut dengan presentasi Call for Papers dan kolokium yang diadakan secara hybrid di Hotel Pangeran, Padang. Para akademisi dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia mempresentasikan hasil penelitian mereka, yang mencakup berbagai tema dalam bidang manajemen, termasuk manajemen keuangan, sumber daya manusia, maupun pemasaran.

Presentasi ini menjadi sarana bagi para peneliti untuk mendapatkan umpan balik dari para pakar dan sesama akademisi. Diskusi yang berlangsung penuh antusias, mencerminkan semangat para peneliti dalam mengembangkan studi manajemen yang relevan dengan tantangan dunia bisnis dan organisasi saat ini.

Malam harinya pada akhir hari kedua, diumumkan penerima penghargaan Best Paper yang diberikan kepada penelitian terbaik yang dinilai berdasarkan orisinalitas, relevansi, dan kontribusinya terhadap pengembangan ilmu manajemen.

Pengabdian kepada Masyarakat: Mendukung UMKM Kopi dan Pengusaha Border

Sebagai puncak dari rangkaian acara APDMI 2024, pada 28 September diadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang menjadi wujud nyata dari kontribusi akademisi dalam mendukung pengembangan ekonomi lokal. Kegiatan ini dilaksanakan di Bukittinggi

Dalam pengabdian ini, APDMI mengunjungi para pengusaha border dan pengusaha kopi Fokus utama dari kegiatan ini adalah memberikan pelatihan dan pendampingan kepada para pengusaha terkait strategi pemasaran dan manajemen keuangan, yang diharapkan dapat membantu mereka dalam meningkatkan daya saing produk di pasar nasional maupun internasional.

Selain pemberian materi, APDMI juga memberikan bantuan kepada para pengusaha sebagai bentuk dukungan nyata terhadap pertumbuhan usaha mereka. Bantuan ini diharapkan dapat memacu semangat para pelaku UMKM di Bukittinggi untuk terus berkembang dan bersaing di pasar yang lebih luas.

APDMI 2024 2

Hits 70