3 Aktivitas Internasional dalam 3 hari

Menjadi bagian dari dunia Internasional sudah menjadi semangat yang terinternalisasi dalam kehidupan para dosen di Departemen Manajemen FEB Universitas Airlangga. Salah satunya terwujud dalam kegiatan menjadi tuan rumah even Internasional dari 2 asosiasi besar yakni Malaysian Consumer and Family Economics (MACFEA) dan Asian Association of Consumer Interest & Marketing (AACIM). Pada tanggal 15-17 November 2023 dilaksanakan 3 even acara internasional yang menarik dan sangat bernilai SDG (Sustainable Development Goals).
Even pertama dilaksanakan tanggal 15 November adalah Seminar Internasional MACFEA-AACIM 2 2023. Seminar yang diadakan setiap 2 tahun tersebut, menghadirkan pembicara utama antara lain Dr. Mohd Aminuddin Sham bin Tajudin (BOD member Perbadanan Putrajaya); Prof Dr Faridah ( advisor MACFEA); Assoc Prof. Fandy Tjiptono (School of Marketing & International Business, Victoria University of Wellington New Zealand) serta dihadiri oleh dosen peneliti dari UPM, UKM, UiTM, dan IIUM Malaysia serta dosen peneliti dari Unair, IPB, ULM dan UnPar. Berbagai hasil riset dalam forum, baik mengenai sustainable consumption for energy, anti fraud/scamming, strategi pemasaran televisi, upaya pemberdayaan UMKM, dan topik menarik lainnya.
Hari kedua, tanggal 16 November dilaksanakan event Forum Diskusi Potensi Kolaborasi Peneliti Indonesia Malaysia. Dari acara tersebut disepakati beberapa tema besar untuk kolaborasi riset 2024, antara lain tema halal awareness, sustainable consumption, Digitalisasi marketing, serta kapabilitas keuangan.
Hari ketiga menjadi hari yang lebih menarik lagi dimana dilakukan pengabdian masyarakat internasional. Dengan upaya membantu upaya peningkatan ekonomi UMKM di eks lokalisasi Dolly. Dilakukan FGD antara konsultan UMKM Malaysia dan Indonesia, yang hasil masukannya akan disampaikan secara langsung ke pemkot Surabaya dan LSM Gerakan Melukis Harapan. Dr Gancar selaku panitia menyampaikan bahwa berbagai acara tersebut dilakukan sebagai upaya peningkatan kualitas pendidikan dan penelitian para dosen Manajemen sekaligus menjadi kontribusi dunia kampus bagi dunia praktisi dan dunia global.
Ketiga acara berlangsung dengan sukses dan meninggalkan kesan positif dari berbagai pihak. Salah seorang Prof Malaysia yang hadir, Prof Faridah menyampaikan, "Food yummilucious. Good transportation. Great Indonesian hospitality". Demikian juga partisipan dari Kalimantan Dr. Fifi Swandari menyampaikan acara berjalan dengan sukses semua agenda berjalan dengan baik. Bahkan kerja sama riset banyak terkondisikan dengan baik.
Semua pihak berharap kegiatan yang ada dapat berkelanjutan pelaksanaannya.

3 Aktivitas Internasional dalam 3 hari 2

3 Aktivitas Internasional dalam 3 hari 3

3 Aktivitas Internasional dalam 3 hari 4

Hits 130