Hasil riset yang telah dilakukan mahasiswa Madagaskar, Randrianantenaina Solohery Mampionono Aime, menunjukkan bahwa penjual online harus melihat peran social influencer dalam memberikan pertimbangan bagi konsumen. Familiaritas influencer menjadi faktor penting bagi pemasar untuk mendapatkan niat dari follower sang influenser. Berdasarkan hasil riset yang telah dilakukan Bersama Dr Gancar Candra Premananto di Magister Manajemen FEB Unair, diteliti dampak dari 6 Bauran Pemasaran Sosial Media (Social Media Marketing Mix) yakni Social Capital, Social Identity, Social Influence, Social Commerce Need, Social Commerce Risk dan Social Commerce Convenience terhadap sikap dan niat beli konsumen.
Selain nilai penting dari Social Influencer, pemasar juga perlu untuk melihat Social Commerce Need. Diperlukan penonjolan terhadap kata kunci dalam pencarian yang dilakukan konsumen ketika mencari produk. Dengan demikian pemasar harus melakukan riset mengenai kata kunci apa yang biasanya diklik oleh konsumen ketika mencari suatu produk.
Riset yang dilakukan Aime tersebut dilakukan pada 200 responden di Madagaskar, namun hasil riset masih sangat relevan dengan konsumen di Indonesia. Sehingga hasil riset dapat dimanfaatkan bagi para pengusaha Indonesia yang ingin masuk ke pasar Madagaskar dan juga Indonesia.
Untuk riset yang telah dilakukan Aime mendapatkan hasil nilai A dan dapat mengakhiri studinya dengan IPK tinggi 3,64. Bahkan hasil risetnya telah dipublikasikan dalam jurnal bereputasi Sinta 2, Jurnal Manajemen Teori dan Terapan.
Gancar selaku dosen pembimbing menyatakan hasil riset menarik karena sangat kekinian. Dan yang lebih menarik bahwa pembelajaran dua sisi yakni selain mahasiswa belajar mengenai dunia Manajemen bisnis, di sisi lain para akademisi FEB Unair juga dapat belajar perilaku konsumen di Madagaskar.
Aime memiliki kesan positif terhadap MM FEB Unair. Disampaikannya, "The way I was integrated into one of the greatest study programs “Master in Management” UNAIR, really changed my life. It's like a dream come true. I am very impressed with the way MM, FEB Unair conveys knowledge to its students, because lectures are filled with not only great lecturers, but also experienced practitioners in the business field, which greatly increases insight, knowledge and experience for us as students.
Thanks to this, I was able to create a great scientific papers that were very useful for the business world in my own country, namely by exploring the social commerce marketing mix on Facebook. However, this would not be achieved without the help, encouragement and assistance of the best FEB UNAIR lecturer, Dr. Gancar Candra Premananto, SE., M.Sc. All the credit goes to him.
Thanks MM, Thanks UNAIR."
#MMthebest
#UNAIRHEBAT