๐๐๐ค๐จ๐ฅ๐๐ก ๐๐ข๐ฌ๐ง๐ข๐ฌ ๐๐๐ง ๐๐๐ซ๐ฎ๐ฌ๐๐ก๐๐๐ง ๐๐๐ฅ๐๐ฌ ๐๐ฎ๐ง๐ข๐
Badri Munir Sukoco
Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Direktur Sekolah Pascasarjana
Universitas Airlangga
https://epaper.kontan.co.id/v2/player/view/harian/2021-09-25#page/11
Saat ini, pengelola perguruan tinggi menggunakan rangking sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada ๐ ๐ก๐๐๐โ๐๐๐๐๐๐ -nya. Tidak hanya bagi mahasiswa, namun alumni maupun pengguna lulusan akan melihat ranking sebagai tolok ukur reputasi dan kualitas pendidikan yang ada. Selain rangking bidang ilmu secara keseluruhan, salah satu yang menarik perhatian publik adalah bidang manajemen dan bisnis. Bahkan ranking sekolah bisnis terbaik di Amerika Serikat dimulai sejak 1988 oleh ๐ต๐ข๐ ๐๐๐๐ ๐ ๐๐๐๐ dan 1990 oleh ๐๐ ๐๐๐ค๐ . Jauh sebelum adanya perangkingan universitas yang dipelopori oleh ๐โ๐๐๐โ๐๐ ๐ฝ๐๐๐๐ก๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐ฃ๐๐๐ ๐๐ก๐ฆ ๐ ๐๐๐๐๐๐ (WUR) pada 2003, diikuti oleh THE-QS WUR 2004 sebelum berpisah tahun 2009.
Patut dipahami, ketika banyak perusahaan berskala global, memiliki MBA yang berlatar belakang internasional tidak hanya menyediakan ๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐ก๐ค๐๐๐๐๐๐, namun juga ๐๐๐ ๐ก ๐๐๐๐๐ก๐๐๐๐ dari perusahaan-perusahan terbaik dunia. Strategi global perusahaan yang mempekerjakan atau yang didirikan akan terbantu menjadi berkelas dunia berdasarkan studi kasus dan konsep yang teruji secara empiris.
Hal ini dideskripsikan dengan baik terkait dengan suksesnya Samsung menjadi pemain global dan mengalahkan Sony hanya 6 tahun (dari 10 tahun yang direncanakan). Setelah krisis ekonomi melanda Asia akhir dekade 1990-an, Samsung mulai merekrut banyak MBA lulusan Harvard, Wharton, atau Stanford untuk memampukannya menjadi perusahaan global. Menggabungkan ๐๐๐ ๐ก ๐๐๐๐๐ก๐๐๐๐ dari Barat (terutama para MBA) dengan sistem bisnis Jepang menjadi kata kunci kesuksesan Samsung (Khanna dkk., 2011; ๐ป๐๐๐ฃ๐๐๐ ๐ต๐ข๐ ๐๐๐๐ ๐ ๐ ๐๐ฃ๐๐๐ค). Perdebatan peran MBA pada kinerja perusahaan senantiasa ada. Bagi universitas, sekolah bisnis senantiasa menjadi ๐๐๐๐๐ โ๐๐ ๐ ๐โ๐๐๐ dan reputasinya membanggakan.
Ranking Sekolah Bisnis
Konsistensi posisi pada beragam ranking oleh ๐ถโ๐๐๐ ๐ธ๐ข๐๐๐๐ ๐ผ๐๐ก๐๐๐๐๐ก๐๐๐๐๐ ๐ต๐ข๐ ๐๐๐๐ ๐ ๐๐โ๐๐๐ (CEIBS) menjadikan salah satu sekolah bisnis terbaik di Asia saat ini. Pada ๐๐๐ 100 ๐ต๐๐ ๐ก ๐๐ต๐ด๐ versi ๐น๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ , posisinya hanya dibawah Harvard, Wharton, Stanford, dan INSEAD tahun 2020. Berdiri sejak 1994 pada distrik Pudong di Shanghai, gedungnya menjadi salah satu ikon sekolah bisnis terbaik di China. Bersama dengan ๐น๐ข๐๐๐ ๐๐๐๐ฃ๐๐๐ ๐๐ก๐ฆ ๐๐โ๐๐๐ ๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ก (#32), ๐บ๐ข๐๐๐โ๐ข๐ ๐๐โ๐๐๐ ๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ก, ๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐ฃ๐๐๐ ๐๐ก๐ฆ (#57), dan ๐๐ ๐๐๐โ๐ข๐ ๐๐๐๐ฃ๐๐๐ ๐๐ก๐ฆ ๐๐โ๐๐๐ ๐๐ ๐ธ๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ก (#67), menunjukkan daya saing sekolah bisnis China meningkat pesat dalam 18 tahun terakhir. Ketika rangking ini diluncurkan tahun 1999, belum ada sekolah bisnis China yang masuk dalam radar.
Saat ini lebih dari 90 sekolah bisnis yang mendapatkan status akreditasi ๐ก๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐ค๐ (AACSB, EQUIS, dan AMBA), dan 7 diantaranya dari China. Khusus AACSB, lembaga akreditasi dari Amerika Serikat ini memberikan akreditasi pada 31 sekolah bisnis di China. Tumbuh kembangnya bisnis di China juga menjadikan pasar sekolah bisnis sangat ketat. Menurut ๐โ๐ ๐ธ๐๐๐๐๐๐๐ ๐ก, terdapat 200 ribu orang mendaftar sebagai mahasiswa (dua kali lipat dibandingkan tahun 2016), dan kurang dari seperempatnya yang mendapatkan tempat.
Tidak hanya dari sisi akreditasi dan rangking, transformasi menjadikan daya saingnya menyamai sekolah bisnis top di Amerika Serikat dan Eropa. Bahkan konteks Asia menjadikannya lebih unggul. ๐ด๐๐๐๐๐ข๐๐ก๐ข๐๐๐๐๐ ๐ yang mengkombinasikan konsep terkini dan teruji secara empiris dengan kearifan lokal Asia (dalam hal ini China) menjadi dasarnya. Banyak Dekan dan dosen yang telah puluhan tahun mengajar, meneliti, serta menjadi konsultan dari ๐น๐๐๐ก๐ข๐๐ 500 pada sekolah bisnis top Barat; kembali dan mengajar di China. Tidak ada perbedaan antara ruang kelas dan ๐๐๐ ๐-๐๐๐ ๐๐ ๐๐๐กโ๐๐ dengan sekolah bisnis top dunia. Meskipun biaya pendidikannya menjadi lebih kompetitif, namun ini menjadi pilihan terbaik tanpa meninggalkan posisi dan bisnis yang digeluti peserta program MBA.
Awal tahun 2000-an, peserta program MBA berharap dapat bekerja di perusahaan global yang menawarkan kompensasi menjanjikan. Seiring dengan dominasi ekonomi secara global, lebih dari setengah lulusan sekolah bisnis China bekerja pada perusahaan lokal yang mengglobal. Baik yang sedang melakukan ekspansi global atau mengakuisisi bisnis di negara lain. Saat ini, 30 perusahaan China masuk dalam ๐น๐๐๐ก๐ข๐๐ ๐บ๐๐๐๐๐ 100. Selain para putra mahkota bisnis, para bos generasi pertama juga menjadi peserta program MBA.
Rekomendasi
Saat ini, Indonesia hanya diwakili oleh Pertamina (#287) pada ๐น๐๐๐ก๐ข๐๐ ๐บ๐๐๐๐๐ 500 tahun 2021. Adapun pada ๐น๐๐๐๐๐ ๐บ๐๐๐๐๐ 1000 untuk perusahaan publik, Indonesia diwakili oleh BRI (#362), BCA (#436), Bank Mandiri (#507), dan Telkom Indonesia (#762). Meskipun pasar domestik Indonesia terbesar ke-7 di dunia, sebagian besar dinikmati oleh perusahaan global negara lain.
Untuk keluar dari ๐๐๐๐๐๐-๐๐๐๐๐๐ ๐ก๐๐๐, keberadaan perusahaan berkelas dunia yang berasal dari Indonesia dapat menjadi lokomotif pertumbuhan ekonomi. Keun Lee (2019) dari ๐๐๐๐ข๐ ๐๐๐ก๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐ฃ๐๐๐ ๐๐ก๐ฆ mempersyaratkan kapabilitas berinovasi dan penduduk berpendidikan tinggi untuk menjadi negara maju. Menjadi perusahaan berkelas dunia, menunjukkan bahwa inovasi yang dihasilkan oleh SDM berkompeten Indonesia dapat diterima oleh masyarakat global. Tidak hanya perusahaan yang telah ada, namun ๐ ๐ก๐๐๐ก-๐ข๐ yang sedang melakukan ๐ ๐๐๐๐-๐ข๐ juga membutuhkannya.
Memiliki manajer dengan MBA dari sekolah bisnis berkelas dunia memungkinkan perspektif dan jejaring global. Saat ini, belum ada sekolah bisnis Indonesia yang masuk dalam radar lembaga rangking diatas. Untuk AACSB, baru 2 sekolah bisnis Indonesia yang terakreditasi. Inilah tantangan terbesar bagi sekolah bisnis di Indonesia, menjadi berkelas dan berkualitas dunia.