๐๐ซ๐๐ง๐๐ฌ๐๐ญ๐ญ๐๐ซ ๐๐๐ง ๐๐๐ฆ๐๐๐ง๐ ๐ฎ๐ง๐๐ง ๐๐๐ ๐๐ง๐๐จ๐ง๐๐ฌ๐ข๐
Badri Munir Sukoco
Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Direktur Sekolah Pascasarjana
Universitas Airlangga
https://mediaindonesia.com/opini/458130/trendsetter-dan-pembangunan-sdm-indonesia
Manusia adalah sumberdaya terpenting sebuah negara. Memiliki penduduk yang berusia muda (65% dibawah 40 tahun โ Sensus Penduduk 2020) dengan ๐๐๐๐๐๐ก ๐ ๐๐ง๐ terbesar ke-7 dunia adalah modal besar Indonesia. SDM yang berkualitas akan memampukan Indonesia menjadi negara maju pada 2045.
Pembangunan SDM telah menjadi prioritas pertama dan utama dari Presiden. Awal bulan ini Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa SDM Indonesia harus menjadi ๐ก๐๐๐๐๐ ๐๐ก๐ก๐๐๐ (dan bukan ๐๐๐๐๐๐ค๐๐๐ ). ๐๐๐๐๐๐ ๐๐ก๐ก๐๐ tentu terkait dengan inovasi, dan kapabilitas berinovasi membutuhkan arah pembangunan SDM yang tepat. Pendidikan tinggi merupakan titik awalnya.
Bagaimana orkestrasi pendidikan tinggi agar SDM Indonesia menjadi ๐ก๐๐๐๐๐ ๐๐ก๐ก๐๐๐ ?
๐๐๐ง๐๐ข๐๐ข๐ค๐๐ง ๐๐ข๐ง๐ ๐ ๐ข ๐๐ง๐๐จ๐ง๐๐ฌ๐ข๐
Berdasarkan Statistik Pendidikan Tinggi tahun 2020, terdapat 29.413 program studi yang terselenggara di Indonesia. Program studi yang berbasis akademik masih mendominasi (88,33% atau 25.987 unit). Program studi terbanyak masih didominasi oleh bidang ilmu Pendidikan (6.032 unit), diikuti Teknik, Sosial, Kesehatan dan Ekonomi. Bidang ilmu Pendidikan memiliki jumlah mahasiswa baru terbesar (435.986 orang), diikuti Ekonomi, Sosial, Teknik, Kesehatan, dan bidang ilmu lainnya.
Adapun lulusan perguran tinggi terbesar berasal dari Pendidikan (21,84%), diikuti oleh Ekonomi (18,92%), Teknik (16,02%), Kesehatan (15,56%), Sosial (13,95%), dan sisanya berasal dari bidang lain. Pertanyaannya, apakah popularitas program-program studi tersebut relevan dan sejalan dengan kebutuhan Indonesia saat ini dan masa depan?
๐๐ซ๐๐ง ๐๐๐๐
Banyak pemerintah memfokuskan pendidikan di negaranya berbasis STEM (๐ ๐๐๐๐๐๐, ๐ก๐๐โ๐๐๐๐๐๐ฆ, ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐, ๐๐๐ ๐๐๐กโ๐๐๐๐ก๐๐๐ ). Menyadari kurangnya minat generasi muda pada bidang STEM dan daya saing bangsanya terancam, Presiden Obama menggulirkan program tahun 2011 untuk mendidik 100.000 guru yang akan mengajar bidang STEM hingga 2021. Tentu disertai dengan komitmen pendaanaan, tidak hanya dari pemerintah namun juga dari pihak swasta.
Melalui perdebatan publik yang hangat, baik pro dan kontra, akhirnya UU Reformasi Pendidikan USA ditandatangani oleh Presiden Obama akhir tahun 2015, dengan penitikberatan pada Pendidikan STEM. Tujuannya adalah bagaimana menjadikan generasi muda Amerika Serikat (AS) menjadi pemimpin pada bidang STEM.
Bagaimana dengan negara lain? Data ๐บ๐๐๐๐๐ ๐ผ๐๐๐๐ฃ๐๐ก๐๐๐ ๐ผ๐๐๐๐ฅ (GII) 2021 menunjukkan Korea Selatan menempati posisi teratas di Asia (#5 dunia), diikuti oleh Singapura (#8), China (#12), dan Jepang (#13). Hal ini tidak terlepas dari besarnya proporsi lulusan ๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ yang dihasilkan, misalnya Singapura menempati #10 dunia, diikuti oleh India (#12), dan Korea Selatan (#18). Tidaklah mengherankan bilamana banyak CEO perusahaan teknologi dunia berasal dari India atau produk teknologi tinggi dari Korea Selatan. Bagaimana dengan Indonesia? Kita menempati #76 dunia.
๐๐๐ฅ๐๐ฃ๐๐ซ๐๐ง ๐๐๐ซ๐ข ๐๐ก๐ข๐ง๐
Tentu menarik mencermati peningkatan posisi China menjadi #12 dari 132 negara (tertinggi pada kelompok ๐ข๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐-๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐ข๐๐ก๐๐๐๐ ). Sepuluh tahun yang lalu, posisinya masih #29. Ketika Abrami dkk. (2014) menulis artikel berjudul โ๐โ๐ฆ ๐ถโ๐๐๐ ๐ถ๐๐โ๐ก ๐ผ๐๐๐๐ฃ๐๐ก๐โ di ๐ป๐๐๐ฃ๐๐๐ ๐ต๐ข๐ ๐๐๐๐ ๐ ๐
๐๐ฃ๐๐๐ค, sebagian besar meyakininya. Namun lambat laun pasar digital, peralatan kesehatan, bahkan ๐ ๐ข๐ ๐ก๐๐๐๐๐๐๐ ๐ก๐๐โ๐๐๐๐๐๐๐๐ mulai dikuasai oleh perusahaan-perusahaan China.
Salah satu indikator GII 2021 adalah โ๐ข๐๐๐ ๐๐๐๐๐ก๐๐ ๐๐๐ ๐๐๐ ๐๐๐๐โ. Dalam 25 tahun terakhir, China secara serius meningkatkan kapabilitas berinovasinya, khususnya SDM, dengan mengembangkan perguruan tingginya (PT) menjadi kelas dunia. Dimulai 211 ๐๐๐๐๐๐๐ก tahun 1995, ๐ถ9 ๐ฟ๐๐๐๐ข๐, dan yang terbaru ๐ท๐๐ข๐๐๐ ๐น๐๐๐ ๐ก-๐ถ๐๐๐ ๐ ๐๐๐๐ฃ๐๐๐ ๐๐ก๐ฆ ๐๐๐๐๐๐๐ก dengan pendanaan besar. Hasilnya, tahun 2021 China menempatkan 6 universitasnya pada Top 100 ๐๐๐๐๐ ๐ป๐๐โ๐๐ ๐ธ๐๐ข๐๐๐ก๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐ฃ๐๐๐ ๐๐ก๐ฆ ๐ ๐๐๐๐๐๐. Universitas tertinggi dari Malaysia berada pada kisaran 301-350, sedangkan Indonesia berada pada kisaran 801-1000.
Data ๐ถโ๐๐๐ ๐๐ก๐๐ก๐๐ ๐ก๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐ 2017 menunjukkan 3 juta mahasiswa masuk dalam program STEM. Dan menjadi salah satu negara dengan persentase terbesar pada bidang ini. Tidak hanya mengandalkan lulusan dari dalam negeri, namun lulusan dari universitas-universitas berkelas dunia di negara maju โ pendekatan ๐ถโ๐๐๐ ๐๐๐ข๐ โ dilakukan (Greeven dkk., 2019). Sejak 1978, terdapat 4 juta penduduk yang sekolah di luar negeri dan 2,2 juta lulusan kembali ke China. ๐ป๐๐๐๐ข๐ (diaspora yang kembali) menjadi pemain penting dalam ekosistem inovasi China, dengan training yang didapat dari universitas-universitas terbaik dunia. Bahkan sebelum kembali telah bekerja di beragam perusahaan kelas dunia, khususnya Silicon Valley, dan membawa model bisnis ๐ ๐ก๐๐๐ก-๐ข๐ maupun ๐๐๐ ๐ก ๐๐๐๐๐ก๐๐๐๐ dari ๐น๐๐๐ก๐ข๐๐ 500 ke domestik. Hasilnya, perusahaan domestik mampu bersaing dengan perusahaan kelas dunia dari negara maju.
Indikator selanjutnya adalah anggaran R&D yang dialokasikan masing-masing negara. Pembelanja terbesar adalah Amerika Serikat (US$491,86 miliar), diikuti oleh China (US$471,70 miliar) dan Jepang (US$154,16 miliar). Sementara Indonesia hanya US$3,11 miliar (0,10% dari PDB). Hasilnya jelas, dimana permohonan paten negara-negara tersebut jauh lebih unggul dari Indonesia. Jepang memiliki permohonan paten lebih dari 7.005 kali dibandingkan dengan Indonesia, sedangkan Malaysia memiliki 90 kali dengan persentase anggaran R&D 13 kali lebih besar. China menjadi pengusul paten terbesar dunia, mengalahkan AS. Pelajarannya, PT berkelas dunia menghasilkan SDM yang kompeten dan paten berkelas dunia, ditunjang anggaran R&D besar menjadikan inovasi adalah keniscayaan.
๐๐๐ค๐ง๐จ๐ฅ๐จ๐ ๐ข ๐๐๐ฌ๐ ๐๐๐ฉ๐๐ง
Guna menjamin kepemimpinannya di bidang teknologi, program ๐๐๐๐ ๐๐ ๐ถโ๐๐๐ 2025 dilanjutkan dengan ๐ถ๐๐๐๐ก๐๐ ๐๐ ๐ถโ๐๐๐ 2035 (semacam Repelita di Indonesia). Pemerintah juga menugaskan 12 PT top untuk mengembangkan ๐ถ๐๐๐๐๐๐ ๐๐ ๐น๐ข๐ก๐ข๐๐ ๐๐๐โ๐๐๐๐๐๐ฆ. Tugas utamanya adalah melakukan riset dan mengembangkan teknologi yang revolusioner dan disruptif pada 10-15 tahun ke depan. Keberadaannya ditargetkan mampu berkompetisi dengan ๐๐๐ ๐ ๐๐โ๐ข๐ ๐๐ก๐ก๐ ๐ผ๐๐ ๐ก๐๐ก๐ข๐ก๐ ๐๐ ๐๐๐โ๐๐๐๐๐๐ฆ (MIT) dan ๐๐ก๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐ฃ๐๐๐ ๐๐ก๐ฆ pada teknologi masa depan.
Teknologi kehidupan dan kesehatan menjadi fokus ๐ถ๐๐๐๐๐๐ ๐๐ ๐น๐ข๐ก๐ข๐๐ ๐๐๐โ๐๐๐๐๐๐ฆ pada ๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐ฃ๐๐๐ ๐๐ก๐ฆ. Keberadaannya berpusat pada 2 bidang interdisiplin, yakni teknik biomedik dan kedokteran molekuler. Bekerjasama dengan ๐๐๐๐ฃ๐๐๐ ๐๐ก๐ฆ ๐๐ ๐ถ๐๐๐๐๐๐๐๐ dan MIT, ๐๐๐ข๐กโ ๐ถโ๐๐๐ ๐๐๐๐ฃ๐๐๐ ๐๐ก๐ฆ ๐๐ ๐๐๐โ๐๐๐๐๐๐ฆ akan membuka 2 program studi baru, yakni ๐๐๐ก๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐ก๐๐๐๐๐๐๐๐๐ dan ๐๐๐ ๐๐๐ก๐ ๐ก๐๐โ๐๐๐๐๐๐ฆ. Adapun ๐ต๐๐โ๐๐๐ ๐๐๐๐ฃ๐๐๐ ๐๐ก๐ฆ ditugaskan untuk mengembangkan ๐๐โ๐๐๐ ๐๐ ๐น๐ข๐ก๐ข๐๐ ๐ด๐๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐โ๐๐๐๐๐๐ฆ. Pendirian ๐ถ๐๐๐๐๐๐ ๐๐ ๐น๐ข๐ก๐ข๐๐ ๐๐๐โ๐๐๐๐๐๐ฆ merupakan langkah awal guna mempersiapkan SDM China menjadi unggul dalam teknologi masa depan.
๐๐๐ค๐จ๐ฆ๐๐ง๐๐๐ฌ๐ข
Pendidikan adalah investasi jangka panjang, dan diperlukan orkestrasi seumberdaya guna memperkuat ๐๐๐ ๐๐ก๐๐๐๐๐๐ Indonesia sebagai ๐ก๐๐๐๐๐ ๐๐ก๐ก๐๐. Memilih, memilah,d an memodifikasi program studi yang ada, menugaskan pendirian program studi berorientasi masa depan, bahkan menutupnya bilamana kurang relevan adalah keharusan. Belum tentu yang populer saat ini dibutuhkan lulusannya di masa datang. Memberikan visi jangka panjang pada pendidikan adalah keharusan, khususnya menunjang pencapaian Indonesia Maju 2045. Tentu tanpa meninggalkan nilai-nilai kebangsaan. Industri strategis apa yang akan menjadi keunggulan Indonesia di masa depan dapat menjadi acuan. Dan tentunya komitmen pendanaan dalam jangka panjang memberikan kepastian dan keberlanjutan akan daya saing bangsa di masa datang.
#transformasiekonomi #kepemimpinan #pembangunanSDM #IndonesiaMaju